DEMOKRASI KEJAWANG BELUM ADA DUANYA

pilkades 3

Pesta Demokrasi saat ini tidak hanya di parlemen saja, melainkan sudah merambah kesemua lapisan masyarakat, bagaimana tidak pada tahun ini 2013. Kabupaten Kebumen akan menggelar PILKADES dengan IV tahap sebanyak 400 kepala desa di Kabupaten Kebumen akan habis masa jabatannya pada 2013 ini. Masa jabatan Kades yang selesai pada 18 Juli sebanyak 96 desa,23 Juli sebanyak 116 desa, 2 Agustus sebanyak 137 desa dan 5 Desember sebanyak 51 desa. Kejawang sudah melaksanakan PILKADES di tahun 2012 lalu karena didahulukan oleh pemkab kebumen hal ini dikarenakan Kepala Desa Kejawang terdahulu sebelum Bapak Sadimin, meninggal dunia. PILKADES Kejawang oleh  PEMKAB Kebumen sepertinya sebagai bahan acuan dan percobaan yang digunakan dalam melaksanakan PILKADES selanjutnya. Kenapa tidak Kejawang sangat potensial dan sangat sadar akan demokrasi, atau boleh dibilang sudah memahami apa itu makna demokrasi, pada PILKADES lalu panitia Pemilihan Kepala Desa Kejawang yang diketuai oleh beliau bapak Kyai. Nurcholis mengadakan suatu gebrakan dan kegiatan yang sangat berbeda dengan kegiatan-kegiatan PILKADES pada umumnya. Mungkin baru pertama kali di Indonesia atau bahkan di Dunia, sungguh sangat mengejutkan dan membanggakan bagaimana tidak, Demokrasi yang hanya tingkat Desa bisa mengadakan dialog interaktif antar calon kepala Desa Kejawang saat itu.

pilkades 1

Panitia Pemilihan Kepala Desa Kejawang berusaha semaksimal mungkin mengurangi kerusuhan dan perpecahan warga masyarakat, serta memberikan pelajaran makna demokrasi yang benar terhadap masyarakat Kejawang khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Sepertinya PILKADES Kejawang setara dengan elit demokrasi DUNIA. LUAR BIASA. Kita semua pasti tahu pada saat pemilihan presiden Amerika Serikat, Barack Obama 2012 lalau mengadakan dialog dan berkampanye dengan elegan dan apik ternyata Kejawang juga mampu melaksanakan itu. Kemudian Saat Pemilihan Gubernur Jakarta para calon mengadakan dialog dan sangat bergengsi, Kejawang ternyata taka kalah saing juga. Selain menekan perselisihan antar warga Kejawang, Panitia Pemilihan Kepala Desa juga bertujuan untuk memfasilitasi para calon menyampaikan orasinya dalam berkampanye yang sehat, selain itu warga Desa Kejawang juga tidak salah pilih, karena dari dialog interaktif ini warga menjadi tahu bagaimana kapasitas, dan kualitas para calon pemimpin meraka di tingkat Desa. Pelaksanaan dialog ini melibatkan anggota keamanan yang ada di Kec. Sruweng yaitu dari unsur polisi dan TNI untuk membantu kelancaran kegiatan dan pelaksanaan kegiatan ini pada H-2 pemilihan.

pilkades 2

Kegiatan dialog ini di moderatori oleh Dra. Pratiwi Sukrosih dan Sutarno serta notulen oleh Bapak Sajimun, dari pertanyaan-pertanyaan yang disampikan moderator kepada calon kades masyarakat menjadi tahu dan mengerti kualitas mereaka. Setelah pelaksanaan dialog ini camat Sruweng terdahulu Bapak Mulyadi, SH. Memberikan apresiasi kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa Kejawang, karena kegiatan ini sangat baik dan mendidik bagi masyarakat serta menekan kerusuhan. Panitia tak hanya sampai disitu, bagi warga masyarakat yang tidak bisa hadir di pendopo balai Desa Kejawang bisa mendengarkan langsung dialog itu melalui radio ISTANA FM yang disiarkan secara langasung, karena di Desa Kejawang memiliki Radio komunitas, yang dapat digunakan untuk kemajuan Desa Kejawang.

pilkades 4

Para calon Kepala Desa Kejawang saat itu juga bersaing sangat sehat dan diantara mereka selalu terlihat kebersamaannya. Foto di atas adalah setelah berakhirnya kegiatan dialog interaktif yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Kejawang, mereka saling bergandengan dan sangat rukun, sehingga persaingannya sehat, serta tidak menimulakn gejolak yang membuat perpecahan. Ternyata Pemilihan Kepala Desa Kejawang mengundang perhatian warga diluar Kejawang, karena di Kecamatan Sruweng baru Desa Kejawang yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa.

pilkades 6

Pada saat hari H, pemilihan Kepala Desa kejawang dihadiri oleh beliau Bapak Buyar Winarso, SE. Selaku Bupati Kebumen, yang ingin memantau kegiatan Pesta Demokrasi Di Desa Kejawang dalam memilih pemimpin desa Kejawang 6 tahun mendatang.

pilkades 5

Foto di atas bukti keakraban dan kekeluargaan para calon kepala Desa Kejawang setelah pemungutan suara selesai, dan setelah pemungutan suara selesai para calon ini pulang kerumah masing-masing, dan hal ini kesepakatan bersama antara calon dan panitia.

semoga saja tulisan ini bermanfaat bagi pembaca, amin. Semoga Kejawang selalu aman dan damai.

Leave a Reply via Facebook

2 thoughts on “DEMOKRASI KEJAWANG BELUM ADA DUANYA

  1. muantaaaafff….bisa ditiru oleh desa lainnya di wilayah Kabupaten Kebumen yang dalam waktu dekat juga akan segera melakukan PILKADES

  2. semoga selalu jadi yang terdepan dan selalu di percaya….. selalu pertahan kan……demokrasi di bumi Desa Kejawang…..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>